Jumat, 19 Desember 2014

Ketika Kekuatan Ekonomi Dimata-matai

MEMBACA sekilas judul buku ini kesannya sangat menarik. Intelejen, sebuah kata yang biasanya terkait erat dengan dunia militer ataupun isu-isu geopolitik dan geostrategis lainnya. Lalu apa hubungannya dengan ekonomi? Saat ini pola hubungan antarnegara di dunia tidak hanya masalah geopolitik dan geostrategi, serta unjuk kekuatan milter semata, tetapi telah bergeser dan mengaitkan pula dengan hal-hal yang berbau ekonomi. Negara baru bisa dikatakan kuat jika tatanan ekonominya juga kuat, tak sekadar ukuran militer ataupun kekuatan politik lainnya saja yang kuat.

Di era globalisasi seperti saat ini dunia seolah dibuat satu, tak ada batas yang dengan demikian bidang ekonomi, politik, dan sebagainya akan mudah diketahui oleh negara-negara lain. Antarnegara akan mudah saling mengetahui, "ngintip" kelemahan dan kekuatan masing-masing, dan semua bidang sangat terkait, termasuk bidang ekonomi.

Persoalan keamanan negara misalnya, tak hanya terkait dengan pihak atau aparat keamanan dengan segala perangkatnya saja, tetapi di era globalisasi saat ini masalah keamanan juga terkait dengan masalah ekonomi. Apalagi saat ini informasi memberondong dari segala penjuru dan cepat tersampaikan, dengan cara terang-terangan maupun bawah tanah tanpa sensor.

Masalah energi, ketahanan pangan, finansial, terorisme yang sangat asimetrik, perompakan, pembajakan, dan money laundry misalnya, begitu kompleks dan canggih sehingga memerlukan pendekatan informasi yang lengkap, menyeluruh, dan sempurna sehingga pemerintah dapat mengambil kebijakan dan melakukan aksi yang tepat. Dan informasi intelijen ekonomi sebagai upaya early warning dan early detection yang tajam dan akurat sangat dibutuhkan agar langkah kebijakan pemerintah untuk meresponsnya juga tepat sasaran.

Buku ini merupakan referensi yang sangat bermanfaat bagi komunitas intelijen di segala bidang, baik dalam lingkup pemerintah maupun swasta, dalam memperluas wawasan agar mereka tetap mampu menjaga kepentingan nasional dan menjawab tuntutan perkembangan zaman.


Judul Buku: Intelijen Ekonomi: Teori dan Aplikasi
Penulis: Rubijanto Siswosoemarto, Ph.D.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Mei 2012
Tebal:732 halaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya
Jombang, East Java, Indonesia
I was born and grew up in Wonosalam. Lives in Malang. Only a "pencangkul" and coffee lovers, coffee addicts even.

Pengikut