Kamis, 14 November 2013

Cara Mudah Menulis Cerpen ala Mohammad Diponegoro

"Dunia cerpen ialah alam di dasar laut karang. Makin dalam kita menyelam dengan minat tajam, makin asyik dan terpukau kita oleh keindahan dan kekayaannya. Kita bisa tergulir untuk jatuh cinta dan akhirnya membatalkan sama sekali niat untuk lari dari dunia cerpen" 

Demikianlah yang disampaikan Muhammad Diponegoro dalam buku jadul yang menjadi koleksi saya. Buku yang saya dapatkan sekitar tahun 1999 di Gramedia  Jl. Basuki Rahmat Surabaya, di rak buku lama/bekas. Tentu saja harganya sangat murah. Kalau tak salah ingat harganya sekitar 5.000,- rupiah

Dalam buku ini ia menyampaikan banyak hal yang terkait dengan dunia cerpen. Tidak sekadar bagaimana cara mudah menulis cerpen itu, tetapi juga bagaimana ia mengulas sedalam-dalamnya sebuah cerpen, termasuk juga perjalanan panjang berliku yang harus dilalui oleh penulis cerpen yang handal.

Muhammad Diponegoro memang seorang pencinta dunia cerpen sepanjang hidupnya. Ada ratusan cerpen yang telah ditulisnya dan ia juga pernah membaca banyak cerpen di radio Australia. Yang terakhir ini tentu sangat menarik, membaca cerpen di radio, tentu dibutuhnya berbagai kealhian, terutama olah vokal yang bisa membius pendengar.

Buku ini secara umum meyingkap rahasia menulis cerpen, bagaimana cara menulis cerpen dengan mudah. Di mulai dari tahapan menata niat, menata langkah, membuat biasa dan mahir menulis sampai dengan bagaimana menyunting cerpen, semua diantarkan dengan gaya bercerita oleh Mohammad Diponegoro, yang seolah-olah penjelasanya itu adalah sebuah cerpen tersendiri. Sangat menarik. Anda ingin menjadi seorang cepenis atau penyunting cerpen yang handal? Lebih afdol kalau sebelumnya membaca buku ini.

Judul : Yuk, Nulis Cerpen Yuk 
Penulis : Mohammad Diponegoro 
Penerbit : Shalahuddin Press 
Halaman : viii + 144 
Ukuran : 14 x 20 cm 
Cetakan : ke-2, 1994


BUKUKU# Ini adalah catatan sederhana dari buku-buku yang saya miliki dan saya baca yang jauh dari kaidah resensi buku sebenarnya, karena hanya terbatas 3-5 paragraf. Untuk resensi buku yang 'sedikit serius' biasanya saya unggah di blog pertama saya DI SINI.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya
Jombang, East Java, Indonesia
I was born and grew up in Wonosalam. Lives in Malang. Only a "pencangkul" and coffee lovers, coffee addicts even.

Pengikut